ABOUT EIC.

Evolene Indonesia Championship (EIC) adalah kompetisi fitness dan bodybuilding International yang bekerja sama dengan NPC IFBB Pro League pertama di Indonesia, sekaligus jadi ajang pertandingan paling awal untuk menjadi atlet di Olympia.

 
Kompetisi ini mempunyai visi untuk melahirkan 1000 atlet binaraga Indonesia yang dapat bertanding di kancah internasional. 

KATEGORI KELAS EIC 2024

Juinor Class
  • Junior Class A (≤23 tahun,  ≤165 cm)
  • Junior Class B (≤23 tahun, 166 – 173 cm)
  • Junior Class C (≤23 tahun, >173 cm)
True Novice Class
  • True Novice Class A (Kontes Pertama, ≤165 cm)
  • True Novice Class B (Kontes Pertama, 166 – 173 cm)
  • True Novice Class C (Kontes Pertama, >173 cm)
Novice Class
  • Novice Class A (Belum Pernah Juara 1, ≤165 cm)
  • Novice Class B (Belum Pernah Juara 1, 166 – 169 cm)
  • Novice Class C (Belum Pernah Juara 1, 170 – 173 cm)
  • Novice Class D (Belum Pernah Juara 1, >173 cm)
Open Class
  • Open Class A (≤165 cm)
  • Open Class B (166 – 169 cm)
  • Open Class C (170 – 173 cm)
  • Open Class D (>173 cm)
Master Class
  • Master Class 35-40 (35 – 40 tahun)
  • Master Class 41+ (≥41 tahun)
  • Novice (Belum Pernah Juara 1)
  • Open Class A (≤167 cm, ≤80 kg)
  • Open Class B (>167 cm. >80 kg)
  • Lightweight (≤80 kg)
  • Heavyweight (>80 kg)
  • Open Class

*”Kontes Pertama” dan “Belum Pernah Juara 1” di Class Novice dihitung berdasarkan kompetisi yang diadakan oleh Federasi IFBB Pro League.

EVOLENE INDONESIA CHAMPIONSHIP 2023

Form Pendaftaran EIC 2024

Setelah melakukan pengisian data di atas, silakan konfirmasi di bawah ini.

FAQ

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Evolene Indonesia Championship (EIC) adalah kompetisi fitness dan bodybuilding International pertama di Indonesia yang bekerja sama dengan NPC IFBB Pro League, sekaligus jadi ajang pertandingan paling awal untuk menjadi atlet di Olympia.

National Physique Committee (NPC) adalah badan pengatur olahraga fisik yang berbasis di Amerika Serikat. NPC bertanggung jawab untuk mengatur kompetisi bodybuilding, menentukan atlet terbaik di tingkat nasional dan internasional, dan mengembangkan industri kebugaran dan fisik. NPC juga bermitra dengan Federasi Internasional Bodybuilding dan Kebugaran Profesional (IFBB Pro League) untuk menyelenggarakan kompetisi fisik profesional terbesar di dunia, seperti Mr. Olympia.

IFBB Pro League (International Federation of Bodybuilding and Fitness Pro League) adalah organisasi olahraga yang mengatur kompetisi dan kegiatan kebugaran dan bodybuilding profesional di seluruh dunia. IFBB Pro League memiliki atlet-atlet terbaik di dunia dan menggelar banyak kompetisi prestisius seperti Mr. Olympia, Arnold Classic, dan lainnya. IFBB Pro League juga memberikan lisensi dan sertifikasi untuk para pelatih dan juri di industri kebugaran dan bodybuilding.

Evolene Indonesia Championship (EIC) bekerja sama dengan NPC dan IFBB Pro League untuk mengadakan kompetisi fitness dan bodybuilding regional event di Indonesia pertama yang secara resmi Atlit yang bertanding akan terafiliasi menjadi Atlit NPC untuk nantinya bisa mengikuti kompetisi berikutnya di Pro Qualifier IFBB Pro League.

Sistem penjurian menggunakan standart dari NPC IFBB Pro League dan head judge juga langsung dari IFBB Pro League untuk menentukan pemenangnya, bisa dipastikan kompetisi EIC ini akan sangat objektif dan netral dalam menentukan pemenang Dari pihak penyelenggaran EIC tidak ada keterkaitan terhadap setiap keputusan yang diambil oleh Juri.

Jenjang karir Atlit NPC IFBB Pro League secara umum dibagi menjadi 4 tahap:

Tahap 1 : NPC Regional Event
Kompetisi pertama yang wajib diikuti setiap atlit yang di negaranya sudah tersedia kompetisi resmi NPC IFBB Pro League, kompetisi regional juga menjadi langkah pertama untuk bisa lanjut mengikuti kompetisi berikutnya

Tahap 2 : NPC Pro Qualifier
Kompetisi ini satu langkah lebih tinggi dalam jenjang karir atlit NPC dimana Atlit akan memperebutkan Overall Champion di kategorinya untuk mendapatkan Pro Card sebagai atlit IFBB Pro Qualifier

Tahap 3 : Pro Competition / Olympia Qualifier
Tahap lanjutan setelah mendapatkan Pro Card adalah Atlit akan mengikuti kejuaraan pro dimana di tahap ini federasi yang menaungi Atlit adalah IFBB Pro League, dan Atlit akan bertanding memperbutkan juara nomor 1 di kategori kelasnya untuk bisa lolos ke kompetisi Fitness dan Bodybuilding paling prestigious di dunia yaitu Olympia di Amerika

Tahap 4 : Olympia
Kompetisi yang dianggap tertinggi di ajang olahraga Fitness dan Bodybuilding di dunia tempat dimana para atlit terbaik di seluruh benua akan bertanding yaitu Olympia, untuk saat ini masih belum ada atlit Indonesia yang bisa menembus sampai ke level Olympia tapi harapannya dengan diadakannya EIC akan ada atlit-atlit berbakat yang berpotensi dan mendapat kesempatan untuk bertanding ke sana.

Olympia adalah ajang kompetisi bodybuilding dan fitness internasional yang diselenggarakan oleh International Federation of Bodybuilding and Fitness (IFBB Pro League) setiap tahun. Kompetisi ini dianggap sebagai salah satu kompetisi tertinggi dalam olahraga bodybuilding dan fitness, di mana para atlet papan atas dari seluruh dunia bersaing untuk meraih gelar juara di masing-masing kategori. Sejarah Olympia sendiri sudah dimulai sejak tahun 1965, dan menjadi salah satu ajang yang paling bergengsi dan dinantikan oleh para penggemar bodybuilding dan fitness.

EIC akan dilaksanakan 13 Juli 2024 di International Conference Center Bali.


Khusus yang mendapatkan gelar juara, perlu meluangkan waktu 2 hari di Bali setelah kompetisi EIC.

Registrasi ulang dilaksanakan 12 Juli 2024 dan pertandingan dilaksanakan 13 Juli 2024

Anda bisa lihat disini

Mudah, Anda dapat mengisi form pendaftaran yang telah tersedia di website sesuai dengan kategori kelas yang Anda pilih.

Biaya pendaftaran sebesar Rp600.000,- untuk kategori Men's Physique, Men's Classic Physique,  Women Bikini dan Rp700.000,- untuk kategori Men's Bodybuilding.

Batas usia minimal mengikuti pertandingan EIC adalah 15 tahun.

Men's Physique
Junior Class A (≤23 tahun, ≤165 cm)
Junior Class B (≤23 tahun, 166 - 173 cm)
Junior Class C (≤23 tahun, >173 cm)

True Novice Class A (Kontes Pertama, ≤165 cm)
True Novice Class B (Kontes Pertama, 166 - 173 cm)
True Novice Class C (Kontes Pertama, >173 cm)

Novice Class A (Belum Pernah Juara 1, ≤165 cm)
Novice Class B (Belum Pernah Juara 1, 166 - 169 cm)
Novice Class C (Belum Pernah Juara 1, 170 - 173 cm)
Novice Class D (Belum Pernah Juara 1, >173 cm)

Open Class A (≤165 cm)
Open Class B (166 - 169 cm)
Open Class C (170 - 173 cm)
Open Class D (>173 cm)

Master Class 35-40 (35 - 40 tahun)
Master Class 41+ (≥41 tahun)

Men's Classic Physique
Novice (Belum Pernah Juara 1)
Open Class A (≤167 cm, ≤80 kg)
Open Class B (>167 cm. >80 kg)

Men's Bodybuilding
Lightweight (≤80 kg)
Heavyweight (>80 kg)

Women Bikini
Open Class (Terbuka untuk semua tinggi & BB)

Peserta hanya diperbolehkan menggunakan pewarna merk Pro Tan, dan tidak diperbolehkan menggunakan pewarna merk lain. Penyeragaman ini bertujuan untuk membuat warna kilau atlet di atas panggung itu seragam dan tidak menguntungkan/ merugikan atlet dengan warna yg berbeda. Selain itu penyeragaman juga bertujuan membuat Juri lebih mudah melakukan penilaian.

Tidak, untuk pembelian pewarna Pro Tan Anda dapat membelinya dengan klik link di sini.

Ya, peserta boleh mengikuti lebih dari satu kategori kelas.

Untuk 100 orang pendaftar pertama akan mendapatkan Merchandise Eksklusif EIC dan yang mendaftar Group (3 orang atau 3 kelas) akan mendapatkan potongan diskon 10%

Anda bisa lihat disini

> Mendapatkan Overall Champion salah satu kategori (Men's Physique Open Class, Men's Classic Physique, Men's Bodybuilding)

> Warga Negara Indonesia

> Tidak terikat dengan brand supplement lain

> Tidak pernah bekerjasama dengan Evolene sebelumnya

Kontrak Eksklusif Evolene bersifat kontrak terbuka. Bisa diambil atau tidak. Jika pemenang sedang dalam masa kontrak dengan brand supplement lain namun tetap ingin mengambil kontrak Evolene maka perlu memutus kontrak brand sebelumnya.

Pemenang hadiah motor akan diundi dari 3 pemenang Overall Champhion (Men's Physique Open Class, Men's Classic Physique, Men's Bodybuilding).

Tidak, status juara tetap didapatkan meskipun kontrak Eksklusif Evolene tidak diambil. Dan untuk Golden Ticket tidak akan didapatkan.

Nilai kontrak yang diberikan tetap dihitung 1.

Jumlah maksimal sebanyak 25 atlet dan jumlah minimal sebanyak 10 atlet. Apabila jumlah di atas 25 atlet, kelas tersebut akan dipecah dan apabila di bawah 10 atlet, kelas tersebut akan digabung dengan kelas lainnya.

Wajib. Jika belum, bisa melakukan pendaftaran member IFBB sebesar $25 per tahun (bisa daftar mandiri atau dibantu dari tim Evolene). keanggotaan IFBB Pro bisa digunakan untuk semua kelas dan bisa digunakan di event bodybuilder serupa dibawah naungan IFBB Pro.

Apabila ingin dibantu dari tim Evolene untuk pendaftaran member IFBB Pro, silahkan hubungi WA Kami 0813-8908-1825 atau klik link disini

Satu peserta hanya diperbolehkan membawa satu pendamping di backstage

EIC 2024 dibuka untuk umum, termasuk yang sudah pernah juara 1. Kecuali, yang sudah mendapatkan IFBB Pro Card.

> Junior, ≤23 tahun atau belum memasuki usia 24 tahun pada saat pertandingan.

> True Novice, belum pernah mengikuti kompetisi yang terkait dengan IFBB Pro.

> Novice, tidak pernah juara 1 di kompetisi yang terkait dengan IFBB Pro. Apabila kemudian hari diketahui pernah juara, Hadiahnya harus dikembalikan.

Anda bisa membeli tiket penonton di no WA EIC 0813-8908-1825 atau klik link disini dan bisa juga melakukan pembelian tiket on the spot.

List Harga Tiket EIC sbb :

- Reguler = Rp50.000

- VIP = Rp200.000

- VVIP = Rp400.000.

Note : Tiket VIP & VVIP Dijual Terbatas ! 

Persyaratan Umum

Pendaftaran
Semua peserta harus hadir pada saat Check-in (Re-registrasi) pada tanggal 12 Juli 2024 untuk ditimbang dan diukur tinggi badannya.

Kesehatan Peserta
1. Setiap peserta yang tampak bingung atau pusing, atau yang mengalami kram yang tidak semestinya, tidak akan diizinkan untuk bertanding.
2. Atlet yang didiskualifikasi karena alasan kesehatan harus diperiksa oleh EMT yang hadir dan, jika disarankan oleh EMT, harus pergi ke rumah sakit terdekat untuk evaluasi.
3. Peserta yang menolak untuk dievaluasi oleh EMT atau di rumah sakit akan diskors dari kompetisi selama satu tahun sejak tanggal kejadian.

Persyaratan Men’s Physique
* Junior Class A (≤23 tahun, ≤165 cm)
* Junior Class B (≤23 tahun, 166 - 173 cm)
* Junior Class C (≤23 tahun, >173 cm)

* True Novice Class A (Kontes Pertama, ≤165 cm)
* True Novice Class B (Kontes Pertama, 166 - 173 cm)
* True Novice Class C (Kontes Pertama, >173 cm)

* Novice Class A (Belum Pernah Juara 1, ≤165 cm)
* Novice Class B (Belum Pernah Juara 1, 166 - 169 cm)
* Novice Class C (Belum Pernah Juara 1, 170 - 173 cm)
* Novice Class D (Belum Pernah Juara 1, >173 cm)

* Open Class A (≤165 cm)
* Open Class B (166 - 169 cm)
* Open Class C (170 - 173 cm)
* Open Class D (>173 cm)

* Master Class 35-40 (35 - 40 tahun)
* Master Class 41+ (≥41 tahun)

Pakaian Men’s Physique
1. Peserta berkompetisi dalam Board Shorts.
2. Panjang celana pendek harus di atas lutut dan bisa 1 inch di bawah pusar.
3. Spandix tidak diperbolehkan.
4. Logo tidak diperbolehkan kecuali logo produsen (yaitu Nike, Billabong) dapat diterima.
5. Peserta lengkap bertelanjang dada dan bertelanjang kaki.

Di Panggung
1. Kacamata minus/ silinder (kecuali kacamata hitam) diperbolehkan.
2. Nomor kontestan harus selalu dikenakan di sisi kiri celana pendek selama di atas panggung.
3. “Moon Pose” dilarang.
4. Gerakan senam dilarang.

Penilaian
Otot dan Kondisi Tubuh
Juri akan mencari kompetitor yang bugar yang menampilkan bentuk dan simetri yang tepat dikombinasikan dengan kekar dan kondisi keseluruhan. Ini bukan kontes binaraga sehingga otot yang ekstrim harus ditandai.

Persyaratan Men’s Classic Physique
* Novice (Belum Pernah Juara 1)
* Open Class A (≤167 cm, ≤80 kg)
* Open Class B (>167 cm. >80 kg)

Pakaian Men’s Classic Physique
Peserta diharuskan memakai celana pendek berpose (lihat gambar di atas). Celana pendek papan atau celana pendek binaraga dilarang. Peserta diwajibkan memakai jenis potongan yang sama dan semua celana pendek yang dikenakan dalam pertandingan harus berwarna hitam.

Di Panggung
1. Selama Penjurian, peserta tidak boleh memakai perhiasan kecuali cincin kawin.
2. Kacamata minus/ silinder (kecuali kacamata hitam) diperbolehkan.
3. Hal-hal yang dilarang saat berada di atas panggung:
A. Atribut
B. Mengunyah permen karet
C. "Moon Pose" (setiap peserta yang melakukan pose ini akan didiskualifikasi)
D. Berbaring di atas panggung.
E. Menabrak dan mendorong (orang pertama dan kedua yang terlibat akan didiskualifikasi)
4. Nomor kontestan harus dikenakan di sisi kiri pakaian berpose selama Penjurian dan Final.

Penilaian
1. Setiap peserta maju ke tengah panggung secara individual dalam urutan numerik dan secara otomatis melakukan pose wajib. Tidak diperlukan sinyal dari Ketua Juri.
2. Setiap peserta memiliki waktu maksimal 60 detik untuk melakukan pose. Peringatan akan diberikan saat tersisa 10 detik.
3. Peserta tidak diharuskan menggunakan waktu 60 detik penuh.
4. Pose wajib adalah:
A. Bisep Ganda Depan
B. Dada Samping
C. Bisep Ganda Belakang
D. Perut dan Paha
e. Pose Klasik Favorit (tidak Paling Berotot)

Persyaratan Men’s Bodybuilding
* Lightweight (≤80 kg)
* Heavyweight (>80 kg)

Pakaian Men’s Bodybuilding
1. Pakaian berpose harus berupa pakaian renang pria standar dengan cakupan minimal ½ bagian belakang. Setelan harus memenuhi standar rasa dan kesopanan yang dapat diterima.
2. Baju berpose harus satu warna. Pinggiran, kata-kata, kilauan, atau fluoresen dilarang.
3. Kompetitor tidak boleh mengubah kecocokan pakaian berpose dengan mengangkatnya dari belakang atau dengan menarik sisi sampingnya selama Front dan Rear Lat Spread.

Di Panggung
1. Selama Penjurian, peserta tidak boleh memakai perhiasan kecuali cincin kawin.
2. Kacamata resep (kecuali kacamata matahari) diperbolehkan.
3. Hal-hal yang dilarang saat berada di atas panggung:
A. Atribut
B. Mengunyah permen karet
C. "Moon Pose" (setiap peserta yang melakukan pose ini akan didiskualifikasi)
D. Berbaring di atas panggung.
e. Menabrak dan mendorong (orang pertama dan kedua yang terlibat akan didiskualifikasi)
4. Nomor kontestan harus dikenakan di sisi kiri pakaian berpose selama Penjurian dan Final.

Penilaian Men’s Bodybuilding
1. Setiap peserta maju ke tengah panggung secara individual dalam urutan numerik dan secara otomatis melakukan pose wajib. Tidak diperlukan sinyal dari Ketua Juri.
2. Setiap peserta memiliki waktu maksimal 60 detik untuk melakukan pose. Peringatan akan diberikan saat tersisa 10 detik.
3. Peserta tidak diharuskan menggunakan waktu 60 detik penuh.
4. Pose wajib adalah:
A. Bisep Ganda Depan
B. Penyebaran Lat Depan
C. Dada Samping
D. Bisep Ganda Belakang
e. Penyebaran Lat Belakang
F. Trisep Samping
G. Perut dan Paha

Persyaratan Women's Bikini
* Open Class

Pakaian Women's Bikini
1. Peserta akan bertanding dalam setelan bikini dua potong. Bagian bawah bikini harus berbentuk v. Thong tidak diperbolehkan.
2. Peserta dapat berkompetisi dengan pakaian yang berbeda.
3. Atlet akan diperingatkan mengenai pakaian yang tidak pantas dan disarankan untuk membawa dua (2) pakaian untuk check-in.
4. Semua pakaian renang/bikini harus dalam keadaam yang baik.
7. Semua bikini akan diinspeksi saat check-in.
8. Semua peserta wajib memakai pakaian kompetisi mereka saat check-in.
9. Jika peserta mengganti pakaian kompetisi dari prejudging menuju final dan juri menganggap pakaian tersebut tidak sesuai dengan aturan, juri berhak untuk mendiskualifikasi peserta.
10. Peserta harus memakai sepatu hak tinggi.

Di Panggung
1. Peserta akan berjalan di atas panggung sendirian dan menampilkan Model Walk mereka (pilihan pribadi).
2. Model Walk terdiri dari: Berjalanlah ke tengah panggung, berhenti dan lakukan front pose, lalu putar penuh dan lakukan back pose, lalu putar ke depan lagi dan menghadap juri sesuai petunjuk lalu lanjutkan ke samping panggung. Tidak ada tindakan asusila yang diizinkan. Durasi waktu yang diperbolehkan adalah 10 detik.
3. CATATAN: Kita tidak ingin melihat lengan miring ke samping dengan siku ditekuk dan pergelangan tangan ditekuk ke atas atau ke bawah.
4. Peserta boleh memakai perhiasan.
5. Nomor kontestan harus dikenakan di sisi kiri pakaian berpose selama Penjurian dan Final.

Penilaian Women's Bikini
1. Balance and Shape (Bentuk dan Keseimbangan).
2. Overall physical appearance including complexion, skin tone, poise and overall presentation (Penampilan fisik secara keseluruhan termasuk complexion, warna kulit, elegansi, postur dan presentasi secara keseluruhan).

Selengkapnya bisa kunjungi: https://www.ifbbpro.com/

Organized by

That’s My Evolution.

Supported by

Media Partner

Organized by

That’s My Evolution.

Supported by

Media Partner